Thursday, May 07, 2015

Cara Mudah Lindungi Blog Agar Tidak Bisa di Copy Paste

Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Kalimat "Konten adalah raja"  sepertinya cocok untuk menggambarkan tujuan dari posting saya kali ini. Dari kalimat itu jelas tergambar bahwa konten/artikel di suatu blog menjadi salah satu faktor penting untuk suatu blog. Konten yang orisinal dan berkualitas bukan hanya disukai pengunjung api juga sangat disukai oleh mesin pencari.

Tapi yah, seperti kita ketahui. Banyak para blogger yang "pemalas" untuk menulis artikel, sebagai jalan pintas mereka memilih untuk copy-paste saja. Kalau cuma sesekali dan mencantumkan sumber sih tidak masalah, tapi ini? Seenaknya saja membabat habisa artikel kita dari atas sampai kebawah lalu mereka posting kembali di blog mereka tanpa sedikitpun rasa ke blogger-ran. 



Untuk sobat blogger yang saya banggakan, mari kita belajar bersama-sama untuk tidak mengcopy-paste dari sekarang. Percaya atau tidak, sifat copy paste ini bisa membuat kita kecanduan! Saya pribadi pernah mengalaminya. Namun, kemudian saya sadar bahwa sesuatu yang didapat secara instant akan terasa hambar dan tidak akan memberikan pengaruh apapun kepada blog kita.

Nah, oleh karena itu untuk melindungi blog kita dari para pemalsa dan pecandu kopi paste, saya akan membagikan tutorial Cara Mudah Lindungi Blog Agar Tidak Bisa di Copy Paste. Mungkin cara ini sudah diterapkan oleh banyak blogger, tapi tidak ada salahnya jika kita bahas lagi. Berikut langkah2nya, yuk sikat.

1. Pertama, silahkan menuju dashboard Blogger

2. Pilih Template, kemudian masuk ke menu Edit HTML

3. Salin css dibawah ini lalu pasang diatas kode ]]></b:skin>

.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}
Selanjutnya, salin juga css dibawah ini diatas kode ]]></b:skin> , css ini berfungsi agar bagian quote dan pre bisa di copy oleh pengunjung blog anda.

.post blockquote,.post pre,.post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -webkit-user-select:text;
  -khtml-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
}
Kemudian simpan template, silahkan dites apakah blog anda sudah terlindungi dari para pemalas dan  pecandu copy paste :D Terimakasih telah menyempatkan membaca Cara Mudah Lindungi Blog Agar Tidak Bisa di Copy Paste, kalau ada yang kurang jelas sok mangga tinggalkeun komentar. Nuhun!

Read This!!
Jika anda ingin memasukkan script di postingan, jangan lupa memberikannya 'Quote" agar bisa dicopy.

Masih bingung?! Berikut saya buat juga video tutorialnya.
cooming soon