Wednesday, May 06, 2015

Berkenalan Dengan Menu Dashboard Blogger

Berkenalan Dengan Menu Dashbor Blogger -"Tak kenal maka tak sayang". Kira-kira kalimat itu sangat cocok untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari posting saya kali ini. Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang blogger -apapun tujuan dan alasannya-, kedepannya kita pasti akan akrab dengan menu-menu dibawah ini.

Menu Dashboard Blogger

Menu-menu diatas adalah penyambut setia kita sebelum memulai aktifitas blogging. Oleh karena itu, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan menu-menu tersebut.  Di sini saya akan coba menjelaskan satu per satu fungsi dari menu-menu diatas.

1. Entri baru
Menu ini berguna untuk membuat posting atau artikel baru yang akan kita publikasikan.

2. Ikhtisar
Menu ini berguna untuk memonitor atau melihat berapa banyak pengunjung blog kita, berapa banyak pos ( artikel )  yang sudah kita buat, berapa banyak komentar yang ada di blog kita dan masih banyak lagi yang lain. Intinya menu ini untuk Menampilkan statistik blog secara ringkas. Karena ringkas, menu ini paling-paling cuma dilihat sekilas. Benar betul?
    
3. Pos
Menu ini berguna untuk menampilkan semua postingan pada blog kita, yang sudah di terbitkan maupun yang belum di terbitkan (draf).

4. Laman
Kalau yang satu ini berguna untuk membuat sebuah halaman atau page, laman biasanya dibuat untuk halaman pendukung suatu blog. Misalnya, about, disclaimer, privacy policy, dll.

5. Komentar
Menu tersebut berguna untuk menampilkan semua komentar pada blog.

6. Google+
Menu tersebut berguna untuk menambahkan blog anda ke dalam profil Google+ anda.

7. Statistik
Menu tersebut berguna untuk Menampilkan statistik blog secara lengkap.

8. Penghasilan
Nah, kalau menu yang satu ini berisi informasi mengenai akun Adsene kita. Mungkinkah ini menu favorit anda ? Jangan senyum-senyum.

9. Tata Letak
Menu ini berguna untuk menampilkan dan mengatur tata letak widget pada blog kita.

10.Template
Menu tersebut untuk mengganti atau mengedit template blog.

10. Setelan
Menu paling bawah dan terakhir ini berfungsi untuk pengaturan blog yang meliputi bahasa, pos, komentar, dan lain-lain.

Nah sepertinya sudah selesai, semoga bisa menambah duit, eh maksud saya pengetahuan kita sebagai seorang Blogger. Bagaimana menurut anda? Apakah ada yang kurang jelas? Kalau ada monggo selipkan dikomentar.