Thursday, April 30, 2015

Blog, Online Diary Yang Berubah Menjadi Ladang Uang

Blog, Online Diary Yang Berubah Menjadi Ladang Uang -Dewasa ini, blog yang awalnya merupakan sebuah diary online atau kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas, tempat berbagi, tempat berbisnis dan juga tidak sedikit yang menjadikan blog sebagai ladang untuk mendulang uang.

 
sejarah blog


Sejarah Singkat Blog

Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom”  menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Kata logging jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti masuk, maka  logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.

Jika sobat ingin mengetahui profil Jorn Barger silahkan klik disini.  
Hingga tahun 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan.

Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”.

Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.

Seperti yang sobat ketahui, di era ini, blog benar-benar berubah. Bahkan definisi blog mulai bergeser. Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas, tempat berbagi, bisnis dan juga tidak sedikit yang menjadikan blog sebagai ladang untuk mendulang uang.


Fungsi dan Kegunaan Blog

Fungsi dari sebuah blog pada dasarnya sangat bergantung dengan jenis blog yang ingin kita bangun, apa saja jenis-jenis blog sobat bisa membacanya melalui postingan - See more at: http://blogingson.blogspot.com/2012/04/fungsi-dan-manfaat-memiliki-blog.html#sthash.t8TlDtpH.dpuf
Fungsi dari sebuah blog pada dasarnya sangat bergantung dengan jenis blog yang ingin kita bangun, sobat bisa membaca jenis-jenis blog disini.

Sedangkan Fungsi dan Kegunaan blog menurut opini saya pribadi adalah sebagai berikut:


  1. Sebuah media untuk belajar dan berbagi
  2. Sebuah wadah untuk bersilaturahmi dan menjalin hubungan online
  3. (Sebenarnya dibagian ini saya mau menulis blog adalah ladang untuk mendulang uang, tapi karena saya masih newbie dan belum pernah mencicipinya jadi saya hapus kembali, hehe)


Bagaimana Cara Membuat Blog

Dalam hal ini, terdapat banyak cara untuk dapat membuat blog, cara tersebut di klarifikasikan pada tingkat penggunaan blog itu sendiri, apakah blog digunakan untuk media menulis saja, tempat berbagi, tempat untuk bisnis dan lainnya.
Jika sobat tertarik untuk belajar bagaimana cara membuat blog silakan klik disini
Nah.... itulah sobat yang bisa saya bagikan di kesempatan kali ini. Singkat memang namun semoga bisa menambah ilmu dan juga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

2 komentar

Write komentar
Thursday, May 28, 2015 delete

bner banget gan ane stuju ama manfaat yang bisa dibawa blog
Introvert Sketch

Reply
avatar
Reza Harahap
AUTHOR
Saturday, August 26, 2017 delete

Kunjungi Blog Anak Kost Mahasiswa dan Pelajar di Kosngosan

Reply
avatar