Wednesday, April 29, 2015

Mencuri "Rahasia" Sukses dari Google

Mencuri "Rahasia" Sukses dari Google  - Satu hal yang wajib kita akui dari Google, apa itu? Sejak awal Google telah fokus untuk memberikan pengalaman kepada user (pengguna) sebaik mungkin. Saat merancang produk yang baru maupun saat menyempurnakan produk yang sudah ada, mereka sangat berhati-hati untuk memastikan layanan terbaik bagi pengguna.

Sebagaimana kita ketahui, tampilan antarmuka google begitu sederhana dan jelas, ini membuat halaman dimuat dalam sekejap. Hal inilah yang membuat google lebih diminati dibanding search engine serupa lainnya.

Saya mencoba mencari tahu bagaimana sistem yang diterapkan di Google sehingga Produk dan Layanan mereka bisa  begitu efisien menggaet pengguna untuk tertarik dan mencoba.

Dari hasil ke-kepoan itu saya menemukan 10 Filosofi Google yang bisa dikatakan sebagai "pedoman" atau "acuan" bagi mereka selama ini untuk terus berkembang. Dari filosofi ini, sekiranya saya harap anda bisa sedikit mengambil pelajaran  untuk terus berinovasi dan berkembang kedepannya.

Sebaik-baik ilmu adalah pengalaman. Dan mengambil ilmu dari orang yang berpengalaman tentu saja sama baiknya. Baiklah, jika ingin tahu mengapa Google bisa menjadi Mesin Telusur No.1 Didunia  silahkan scroll terus kebawah untuk mendapatkan jawabannya.



  • Google selalu berfokus pada pengguna dan yang lain akan mengikuti
Hal inilah yang membuat google lebih diminati dibanding Mesin Telusur serupa lainnya. Konten yang mereka berikan selalu ramah bagi pengguna.

  • Yang terbaik adalah mengerjakan satu hal dengan sangat baik
Harapan google adalah menghadirkan kekuatan penelusuran ke area-area yang belum terjamah, dan membantu orang mengakses dan menggunakan lebih banyak lagi informasi yang senantiasa melimpah dalam kehidupan kita. Mereka mempunyai banyak konten tapi tidak pernah melupakan identitas awal mereka; mesin telusur.
  
  • Google : "Lebih baik cepat daripada lambat".
Google mengerti bahwa waktu adalah sesuatu yang "berharga", google tahu bahwa jika kita mencari sesuatu kita menginginkan hasilnya dalam sekejap. Mereka peka akan hal ini dan googlepun hadir bertujuan untuk memenuhinya.

Hasilnya pasti sudah sobat rasakan, waktu respons rata-rata setiap hasil penelusuran hanyalah sepersekian detik.

  • Demokrasi dalam kerja web
Penelusuran Google sukses karena mengandalkan jutaan tautan pengeposan individu di situs-situs web untuk membantu menentukan situs lain yang menawarkan konten yang bernilai.

Google menilai pentingnya setiap laman web menggunakan lebih dari 200 sinyal dan berbagai teknik, termasuk algoritme berpaten, PageRank™, yang menganalisis situs mana yang telah “diberi suara” sebagai sumber informasi terbaik oleh laman lainnya di seluruh web.

Seiring makin berkembangnya web, pendekatan ini semakin meningkat, karena setiap situs baru menjadi sebuah titik informasi dan suara tambahan yang harus dihitung. Secara bersamaan, google aktif mengembangkan perangkat lunak Open Source (sumber terbuka, contoh blogger.com), yang menghadirkan inovasi berkat upaya bersama dari banyak programer.

  • Meskipun tidak berada di depan meja kerja, Kita bisa saja membutuhkan jawaban
Dunia semakin berubah ke arah seluler: orang ingin mengakses informasi di mana saja dan kapan saja. Google pun mengerti hal ini dan mampu menjadi pelopor teknologi baru dan menawarkan solusi layanan seluler baru yang membantu orang di seluruh dunia melakukan banyak tugas melalui ponsel, mulai dari memeriksa email dan kalender acara hingga menonton video.

  • Tanpa berbuat jahat, google bisa memberi kita uang
Pendapatan google berasal dari penawaran teknologi penelusuran bagi perusahaan dan dari penjualan iklan yang dipajang di situs google serta situs lain di seluruh web.

Ratusan ribu pengiklan di seluruh dunia menggunakan AdWords untuk mempromosikan produknya; ratusan ribu penayang memanfaatkan program AdSense untuk menayangkan iklan yang relevan dengan konten situsnya.
"Jangan pusing soal iklan, luangkanlah waktu Anda untuk menulis pos "
Itulah yang mereka tulis di demo singkatnya tentang AdSense. Dari sini kita bisa memahami, jika ingin menayangkan iklan di web dan menghasilkan uang tanpa berbuat jahat.  Tulislah artikel berkualitas yang berguna bagi mereka dan orang banyak.


  • Selalu ada informasi lain di luar sana
Menyadari ada beberapa hal yang belum dapat diakses melalui Internet, Google mengalihkan perhatiannya pada informasi yang belum dapat diakses tersebut. Peneliti google terus mencari cara untuk memberikan semua informasi di dunia kepada orang-orang yang mencari jawaban. Informasi itu dikumpulkan melalui penelusuran berita, arsip, paten, jurnal akademik, miliaran gambar, dan jutaan buku.


  • Kebutuhan akan informasi melebihi batas apa pun
Perusahaan google didirikan di California, namun misi google adalah memfasilitasi akses terhadap informasi untuk seluruh dunia, dan dalam setiap bahasa. Karena itu, google memiliki kantor di lebih dari 60 negara, mengurus lebih dari 180 domain internet, dan separuh hasil penelusuran google disajikan kepada orang-orang yang tinggal di luar Amerika Serikat.

  • Kita bisa tampak serius tanpa mengenakan setelan
Google dibuat oleh pendirinya dengan ide bahwa kerja seharusnya menantang, dan tantangan itu seharusnya menyenangkan. Google yakin bahwa hal-hal kreatif yang hebat lebih cenderung muncul dalam budaya perusahaan yang benar – dan itu bukan sekadar aksesori dalam perusahaan.

  • Hebat masih belum cukup.
Dalam pandangan google, hebat dalam suatu hal adalah awal, bukan tujuan.

Wah, udah selesai nih. Hmm.. Bagaimana menurut anda? Dari artikel diatas kita bisa menyimpulkan bahwa Google tidak setengah-setengah dalam menjalankan Perusahaannya. Dari Filosofi diatas kita sepertinya dapat memaklumi kenapa Google bisa menjadi Search Engine No. 1 Di Dunia.

Terimakasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Untuk ulasan lengkapnya silahkan klik disini